Rabu, 18 Maret 2015

LONTONG SANTAN, KULINER NIKMAT KHAS PULAU BANGKA

"Sekilas, kuah Lontong Santan Bangka mirip dengan kuah Soto Betawi. Bedanya, Lontong Santan Bangka berasal dari ikan atau udang. Jika berkunjung ke Bangka, pastikan Anda mencicipi Lontong Santan ini."


Orang Bangka ternyata benar-benar kreatif menyiasati melimpahnya hasil laut di sana. Berbagai macam jenis kuliner pun berhasil mereka ciptakan sejak zaman dahulu. Sampai sekarang pun, kuliner-kuliner itu tetap bisa dinikmati. Salah satunya adalah Lontong Santan. Seperti kuliner Pulau Bangka yang lain, kuliner yang satu ini pun kuahnya bersal dari hasil laut, seperti ikan atau udang.




Saat berlibur di Pulau Bangka, cobalah makanan yang satu ini. Sekilas kuah Lontong Santan Bangka mirip dengan kuah Soto Betawi. Bedanya, Lontong Santan Bangka berasal dari ikan atau udang. Sekalipun begitu, terkadang juga orang Pulau Bangka membuat kuah Lontong dari daging ayam atau sapi. Tapi yang jelas, sebagaimana namanya, Lontong Santan Bangka dimakan lengkap dengan irisan lontong.

Nah, bukan kuliner dari Pulau Bangka namanya bila tak pedas. Oleh karena itu, menikmati kuliner Pulau Bangka yang ini tentu akan terasa lebih nikmat bila ditambah sedikit sambal asam. Sekalipun sambal pada umumnya pedas, berbeda dengan sambal yang satu ini. Selain sensasi rasa pedas, sambal ini juga ada unsur rasa asam karena memang dicampur dengan asam Jawa. Makanan ini biasanya disajikan pada saat orang di Pulau Bangka sedang mengadakan acara, seperti syukuran, penikahan, dan acara sejenis lainnya.

 
(Artikel yang sama juga bisa dibaca di detik.com dengan judul "Lontong Santan, Kuliner Nikmat Khas Pulau Bangka" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar