Jumat, 25 April 2014

NGERI! MENONTON BUAYA NGAMUK DI BANGKA


Banyak objek wisata keren di Pulau Bangka yang belum banyak wisatawan tahu. Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali tidak hanya menawarkan air panas, tapi juga kolam penangkaran buaya yang buas. Tonton aksi para buaya ini! Nah, satu lagi tempat wisata menarik yang semakin meneguhkan posisi Pulau Bangka sebagai destinasi wisata dengan pilihan tempat liburan yang beragam. Selain pantai elok yang jumlahnya sulit dihitung dengan jari, ada objek wisata lain yang selalu ramai diserbu warga menjelang liburan, yakni Pemandian Air Panas Tirta Tapta yang terletak di Pemali, Kabupaten Bangka (Induk).



Oleh sebuah perusahaan yang mengelola sumber air panas, tempat ini dijadikan sebuah tempat wisata. Tempat ini diberi nama Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali. Namun karena dari dulu orang mengenalnya sebagai Pemandian Air Panas Pemali, sampai sekarang nama itupun tetap melekat sebagai nama yang familiar di telinga warga. Apalagi, sumber air panas ini memang berada di sebuah daerah bernama Pemali.

Letak objek wisata yang satu ini cukup dekat dengan pusat Kota Sungailiat, kota terbesar kedua di Pulau Bangka. Cuaca di sekitar kawasan ini pun cukup dingin, karena berada di antara sejumlah perbukitan yang masih ditumbuhi hutan lebat. Di kawasan Pemandian Air Panas Pemali, disediakan sejumlah wahana bermain, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sepeti perahu air aneka bentuk, waterboom, dan masih banyak wahana lain.


Nah, saat berkunjung dulu, tiba-tiba dari sudut terdengar keramaian yang tak biasa. Setahu saya, sudut itu merupakan tempat dimana flora dan fauna dikoleksi. Penasaran, akhirnya saya mendekati tempat itu. Apa yang terjadi? Astaga, ternyata sedang ada pertunjukkan buaya ganas yang diberi umpan hewan hidup oleh pawangnya! Siapa saja pasti tahu akan binatang yang satu ini. Mengerikan, saya melihat orang-orang bergidik menikmati pertunjukkan itu, termasuk saya.

Selain itu, sesuai namanya, tentu saja yang menjadi daya tarik objek wisata ini adalah sumber air panas yang selalu menjadi tujuan utama wisatawan setiap bertandang ke sini. Selain itu, ada pula kolam renang biasa yang digunakan untuk bermain air, setelah sebelumnya asyik berendam dalam air panas. Pokoknya, masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati di sini.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Ngeri! Menonton Buaya Ngamuk di Bangka" oleh penulis yang sama)

1 komentar:

  1. Pemali adalah tempat kelahiran aku waktu masih ABG kami sekeluarga sering mandi di air panasnya konon menurut cerita di air panas ini kalau kita meletakkan sebutir telur dia akan menjadi setengah mateng atau mateng banget gito lho

    BalasHapus