Kamis, 24 April 2014

INI DIA KERUPUK PALING SEDAP DARI BANGKA


Seusai liburan di Pulau Bangka, biasanya traveler membawa buah tangan kerupuk kemplang atau panganan berbahan tenggiri lain. Nah, selain itu ada oleh-oleh lain yang sama-sama enak, kerupuk getas namanya. Mau?

Sebagai daerah kepulauan yang dikelilingi lautan dengan potensi hasil laut yang melimpah, menjadikan Pulau Bangka punya banyak makanan yang berasal dari hasil laut. Seperti ikan, kepiting, cumi, atau udang, serta aneka hasil laut yang lain. Sehingga, tak heran bila makanan khas dari daerah ini juga komposisi utamanya sebagian besar adalah hasil-hasil laut itu. Seperti getas misalkan, salah satu kerupuk khas Pulau Bangka. Di Pulau Bangka, sebagian masyarakat menyebutnya keritek. Namun ada pula yang menyebutnya peletek.


Liburan di Pulau Bangka tapi tak singgah di toko oleh-oleh, sangat sayang sekali rasanya. Apalagi di toko-toko itu dijual aneka macam makanan khas Pulau Bangka yang cita rasanya sudah melegenda. Salah satu makanan khas daerah ini yang paling banyak diburu adalah getas. Getas terbuat dari ikan yang dicampur dengan sagu rumbia, bukan tepung biasa. Biasanya, getas yang ada di Pulau Bangka terbuat dari ikan tenggiri, salah satu jenis ikan terbaik yang dagingnya empuk untuk dijadikan makanan apa saja.



Mengenai rasa, tak usah diragukan lagi. Cita rasa ikan kental terasa dimulai dari gigitan pertama, sampai kita selesai mengunyah lalu menelannya. Sekalipun getas dibuat perpaduan antara ikan tenggiri dengan sagu rumbia, serta penyedap rasa yang lain. Bukan berarti rasa ikan tenggiri hilang begitu saja. Justru, rasa ikan tenggiri di oleh-oleh khas Pulau Bangka ini jelas terasa. Sebab komposisi antara sagu rumbia dengan ikannya cukup seimbang.

Pembuatan getas juga cukup unik. Apabila pada pembuatan kerupuk biasa, adonan terlebih dahulu harus diuapkan dengan air mendidih, lalu dijemur hingga kering lantas baru digoreng. Maka tidak demikian dengan pembuatan getas. Adonan getas begitu sudah dipotong-potong, langsung bisa digoreng saat itu juga tanpa harus menunggu proses selanjutnya sebagimana pembuatan kerupuk. Wah, unik sekali bukan?


Nah, di Pulau Bangka, makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan. Hampir bisa ditemui ditoko oleh-oleh di sana. Saya pun setiap kali pulang ke Pulau Bangka, selalu membawa getas untuk dibagi-bagi pada teman-teman. Setahu saya, jenis getas ada dua macam, getas yang panjang dan getas yang pendek atau bulat-bulat. Tapi rasanya sama saja. Anda pun harus pintar-pintar memilih mana getas yang benar-benar enak dan mana yang rasanya hanya lumayan. Saran saya, biasanya semakin mahal harganya, maka kualitas getas pun semakin bagus. Selain getas, masih banyak jenis makanan ringan lainnya dari Pulau Bangka yang tak kalah enaknya. Semuanya terbuat dari beragam jenis hewan laut. Wah, penasaran bukan?

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Ini Dia Kerupuk Paling Sedap dari Bangka" oleh penulis yang sama)

1 komentar:

  1. Bagaimana kalau kite bisnis krupuk,getes atau apa ajalah yg penting enak Siapapun penulis ini bagaimana aku mau tau no.telefon yg bs aku hubungi kadang2 aku kepingin sekali makan makanan dari Bangka seandainya kalau Mama aku masih ada tentu aku tidak kesulitan mendapatkan nya kalau elu pny no.tlf atau HP hubungi aku ya di no. 081398024633 atau di Email : yuunib@spm.co.id thx aku tunggu balasannya ok Sea You Again

    BalasHapus