Jumat, 27 Februari 2015

LIBURAN PANJANG DI PANTAI TAMBAK UDANGL, PULAU BANGKA

Pulau Bangka adalah tempat yang juga asyik untuk mengisi liburan panjang kali ini. Cobalah mampir ke Pantai Tambak Udang. Lautnya bersih dan pemandangannya indah. Liburan panjang pun makin berkesan.

Liburan di Pulau Bangka satu minggu saja rasanya tidaklah cukup, sebab terlalu banyak tempat wisata yang harus dikunjungi dan sayang bila diabaikan begitu saja. Pantai misalnya, menghitung jumlah pantai di sana dengan seluruh jarii yang kita miliki tidak akan pernah cukup. Setiap sudut Pulau Bangka sepertinya pantai semua, cantik-cantik pula.

Salah satu wilayah yang mempunyai banyak pantai di Bangka adalah Kabupaten Bangka Selatan. Sesuai dengan namanya, daerah ini berada paling ujung selatan Pulau Bangka. Salah satu pantai itu misalnya adalah Pantai Tambak Udang.

Nama pantai ini mungkin agak terasa asing. Maklum, dulunya pantai ini merupakan wilayah yang sama dengan Pantai Tanjung Kerasak yang sudah ternama itu. Namun seiring dibangunnya sebuag tambak udang oleh pemerintah setempat, pelan-pelan pantai ini mempunyai nama panggilan baru, Pantai Tambak Udang.

Secara geografis, pantai ini memang berbatasan langsung dengan Pantai Tanjung Kerasak di bagian timur, serta Pantai Tanjung Kemirai di bagian baratnya. Dua pantai itu sudah lama dikenal sebagai daerah wisata di selatan Pulau Bangka. Sama halnya dengan pantai Tanjung Kerasak dan Pantai Tanjung Kemirai, Pantai Tambak Udang pun secara administratis berada di wilayah Desa Pasirputih, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan.

Lalu, apa bedanya pantai ini dengan dua pantai yang mengapitnya? Tentu saja ada perbedaanya, sekecil apapun. Pertama, sebelum sampai di pantai, dalam perjalanan menuju lokasi, kita akan disajikan pemandangan birunya laut Pantai Tambak Udang dari ketinggian. Lalu, di pantai ini suasananya juga masih hening, daun pohon kelapa melambai-lambai dari ketinggian. Selain itu, dari pantai ini juga dapat dengan mudah melihat laut lepas, di samping pepohonan bakau yang tersusun rapi.

Di samping itu, Anda tak perlu tsayat, akses menuju pantai ini cukup mudah. Apalagi jalannya sudah beraspal, meskipun agak sempit. Sepanjang jalan, kita pun dapat melihat perkebunan lada, komoditas khas Pulau Bangka yang diekspor sampai ke Eropa. Salam traveller!

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di detik.com dengan judul "Liburan Panjang di Pantai Tambak Udang, Pulau Bangka" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar