Kamis, 06 November 2014

LIBURAN TAHUN BARU, AYO KE GUNUNG KIDUL


Gunungkidul punya banyak potongan surga berupa pantai berparas elok seperti Pantai Sepanjang. Istimewanya, suasana romantis membuai wisatawan untuk menikmati hari pertama di Tahun Baru ini.

Dulu, beramai-ramai saya pernah menelusuri pantai-pantai yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Hanya saja, selain keterbatasan waktu yang mengharuskan kami terburu-buru dan memprioritaskan tempat-tempat tertentu saja yang memang sudah terkenal banyak didatangi para pelancong.



Letak Pantai Sepanjang yang tersembunyi juga menjadi salah satu faktor mengapa kami tidak singgah di sana. Padahal, pemandangan di pantai ini tak kalah elok dengan pantai-pantai yang sudah tersohor itu.

Pantai Sepanjang memang tak sepopuler pantai-pantai yang ada di sekitarnya, sebut saja Pantai Indrayanti. Letaknya pantainya tersembunyi, diapit Pantai Kukup dan Pantai Indrayanti. Sedikit orang yang mengetahui keberadaannya, apalagi bagi saya yang bukan orang Pulau Jawa asli.

Namun berbicara penampilan, paras Pantai Sepanjang tak kalah elok. Apalagi di sepanjang bibir pantai, berdiri pondok-pondok tak berdinding yang terbuat dari bambu dan beratapkan alang-alang.

Seraya menikmati es kelapa muda yang dijual warga di sekitar pantai. Dengan leluasa kita bisa menikmati keindahan pantai dengan nuansa romantis beraroma cinta.

Pantainya alami berseri. Sejumlah warga hilir mudik menjajakan makanan yang diperuntukan bagi wisatawan yang datang. Setelah menelusuri pantai dari ujung ke ujung, akhirnya kami memilih sebuah pondok seraya menikmati es kelapa muda yang kami pesan pada seorang warga.



Matahari mulai tenggelam. Langit selatan Jawa mulai berpendar kemerah-merahan, sedang ombak terus beradu kekuatan dengan pasir pantai. Suasana romantis Pantai Sepanjang kian kental terasa. Suasana yang romantis itu membawa kami pada suasana yang tak kalah romantis pula, merangkai kata cinta.

Menggunakan sebuah kamera, kami mengabadikan setiap momen istimewa yang kami lewati di Pantai Sepanjang. Indonesia memang negara yang diberkahi Tuhan dengan potongan-potongan surga.

Alam negeri ini cantik yang terkatakan, dari ujung Sumatera sampai ke daratan Papua. Pantai-pantai di negeri ini elok-elok luar biasa, seperti Pantai Sepanjang yang romantis penuh cinta ini.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di www.detik.com dengan judul "Liburan Tahun Baru, Ayo ke Gunungkidul" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar