Selasa, 22 April 2014

SERUNYA BERBURU KEPITING LAUT DI PULAU BANGKA


Selain main-main di pantai, ada hal lain yang tak kalah seru saat liburan di Pulau Bangka, yakni berburu kepiting laut. Ini adalah salah satu makanan favorit di daerah ini saat ini. Yummy! Di Pulau Bangka, kepiting laut sangat mudah ditemui, terutama di pesisir selatan Pulau Bangka. Orang Pulau Bangka menyebut kepiting dengan sebutan ketem. Nah, untuk jenis kepiting laut yang sebgaian besar berwarna biru itu, disebut ketem rejung. Apapun jenis kepitingnya, bagi saya semuanya enak luar biasa. Apalagi, kepiting-kepiting di Pulau Bangka masih segar semua, langsung dibeli dari nelayan yang baru menepi.

Di Bangka Selatan, kepiting jenis ini bisa dibeli di nelayan-nelayan di Pelabuhan Sadai, desa nelayan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Harganya juga tidak terlalu mahal, apalagi, bila Anda bisa tawar menawar. Tidak semua kepiting ternyata dagingnya banyak lho! Ada jenis kepiting yang dagingnya sedikit. Itu sebabnya, kita harus teliti memilih kepiting.





Ibu saya bilang, kepiting berkelamin jantan dan betina pun mempunyai kadar daging yang berbeda. Selain itu, kepiting betina yang sedang bertelur disebut-sebut sebagai kepiting terbaik, karena selain bisa menyantap dagingnya yang empuk, kita juga bisa menikmati telurnya yang nikmat. Nah! Itulah cerita saya saat menunggu nelayan menepi di pelabuhan pendaratan di Desa Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, di Bangka Selatan. Berlibur tidak lengkap rasanya bila tak mencicipi kuliner terbaik.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Serunya Berburu Kepiting Laut di Pulau Bangka" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar