Selasa, 22 April 2014

PULAU TINGGI, WISATA BAHARI YANG BEDA DI BANGKA SELATAN

Menjelajahi indahnya alam Pulau Bangka memang tiada membosankan. Merapatlah ke Pulau Tinggi, pulau gagah di Bangka Selatan. Meski masih bernuansa bahari, punya ini ada sedikit perbedaan dengan wisata pantai umumnya. Selama ini Pulau Bangka dikenal sebagai pulau dengan pantai-pantai yang terhampar hampir di setiap sudut pulau. Maka tak ada salahnya bila Anda mencoba mengunjungi tempat yang satu ini. Inilah Pulau Tinggi, pulau kecil nan gagah yang berdiri kokoh di Selat Lepar, Bangka Selatan.

Secara administratif, Pulau Tinggi masuk dalam wilayah Desa Penutuk, Kecamatan Lepar, Kabupaten Bangka Selatan, salah satu kecamatan di Pulau Bangka yang terpisah dari Pulau Bangka alias pulau tersendiri. Selain Lepar, ada pula Kecamatan Pongok yang dulu satu kecamatan dengan Pulau Lepar dengan nama Lepar Pongok. Akan tetapi, meskipun masuk dalam wilayah yang secara geografis terpisah dengan Pulau Bangka, namun untuk menikmati keindahan Pulau Tinggi tak perlu repot harus menyeberang terlebih dahulu ke Pulau Lepar. Ada beberapa alternatif bagi Anda yang ingin menikmatinya.

Pertama, kita bisa menikmatinya dari Desa Sadai, desa nelayan sekaligus pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bangka dan sejumlah daerah lain. Termasuk Pulau Lepar dan Pulau Pongok, Pulau Belitung, juga menghubungkan Pulau Bangka ke Jakarta. Dari desa ini, Anda bisa menikmatinya melalui jembatan-jembatan yang sengaja dibangun untuk tambatan kapal nelayan, di samping Pelabuhan Sadai dan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Sadai. Kedua, keindahan Pulau Tinggi juga bisa dinikmati dari Desa Tukak. Sebuah desa yang terletak di ujung timur Kecamatan Tukak Sadai. Di desa ini juga terdapat banyak jembatan yang digunakan untuk tambatan kapal-kapal nelayan. Terakhir, Pulau Tinggi bisa dinikmati secara saksama dari Pengarem. Sebuah kawasan di ujung timur Dusun Air Banten yang masih masuk wilayah Desa Pasir Putih, masih di kecamatan yang sama.

Nah, dari tempat yang satu ini, Pulau Tinggi bisa dilihat dengan jarang yang sangat dekat. Seperti yang saya lakukan bersama dua orang teman, Ahmad Faisal dan Renilda, beberapa waktu yang lampau. Saran saya, nikmatilah Pulau Tinggi dari tempat yang satu ini, dijamin pandangan Anda akan jauh lebih leluasa. Apalagi di tempat ini ada jembatan yang terbuat dari papan, berbentuk huruf T. Dari atas jembatan ini pun Anda bisa menyaksikan ikan-ikan yang berenang di dasar laut, di balik air laut yang jernih.

Selain itu, apabila ingin menikmati Pulau Tinggi lebih dekat lagi, tak ada salahnya bila Anda pergi menyeberang langsung ke pulau ini. Sejak lama, pulau ini sudah berpenghuni, bahkan sejumlah fasilitas umum sudah ada di sana. Untuk mencapai pulau ini, Anda cukup naik kapal motor dari Pelabuhan Sadai. Selain Pulau Tinggi, ada pula Pulau Panjang di sebelahnya.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Pulau Tinggi, Wisata Bahari yang Beda di Bangka Selatan" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar