Kamis, 24 April 2014

SEPINYA JAKARTA DI AKHIR PEKAN


Kehidupan Jakarta yang keras sepertinya sirna pada akhir pekan. Inilah saatnya menikmati sore yang relatif tenang dan dihibur ondel-ondel di jalanan. Suatu sore, bersama sepupu saya, Debri, secara kebetulan kami bertemu dengan ondel-ondel. Itulah kali pertama saya melihat secara langsung ondel-ondel.

Selama di Jakarta, menjelang malam kami kadang kala menikmati sore di Jakarta dengan mengelilinginya menggunakan TransJakarta. Sebagai orang dari daerah, melihat-lihat ibukota sendiri dengan segala pemandangan dan permasalahannya merupakan hal yang sangat menarik. Apalagi, tak macam kota lain, Jakarta menyajikan pemandangan kompleks yang apa saja ada di dalamnya. Orang sering mengatakan, mulai dari hal buruk sampai hal terbaik, semuanya menyatu di Jakarta.

Pada sebuah sore, saya dan sepupu saya, Debri berangkat hendak menikmati sore Jakarta dari Utan Kayu di Jakarta Timur. Setelah membeli tiket TransJakarta, kami menunggu beberapa menit dalam shelter sebelum akhirnya bus datang. Sepanjang jalan, pemandangan khas kota Jakarta dengan gedung yang menjulang tinggi, sampai sungai-sungainya yang berwarna coklat pun kami saksikan dengan saksama. Itulah Jakarta, ibukota negeri ini.




Singkat cerita, akhirnya kami memutuskan turun pada sebuah shelter, saya lupa tepatnya dimana, masih di Jakarta Timur. Saat turun, tiba-tiba kami mendengar suara sorak-sorai yang begitu ramai. Ada apa ini? Oh, ternyata ada segerombolan ondel-ondel yang sedang melintas di bawah sana. Cepat-cepat, kami turun dri shelter, mendekati gerombolan ondel-ondel yang sedang berjoget di tepi jalan. Wah, lucu sekali ternyata. Itulah pengalaman unik saya saat jalan-jalan sore mengelilingi Jakarta. Siapa pun, apabila beruntung, sesekali pasti bertemu dengan segerombolan ondel-ondel ini yang tampaknya selalu mengelilingi Jakarta setiap hari. Ah, Jakarta, unik sekali dirimu.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Sepinya Jakarta di Akhir Pekan" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar