Rabu, 30 Oktober 2013

TERNYATA ADA PERKEBUNAN TEH DI KARANG ANYAR JAWA TENGAH

Dulu, saya kira perkebebunan teh di Indonesia itu cuma ada di daerah Jawa Barat saja, utamanya di daerah Puncak Bogor yang terkemuka itu. Ternyata, perkebunan teh juga ada di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Karang Anyar, setidaknya di daerah itu yang saya kunjungin dulu. Sepulang malam keakraban teman kuliah di sebuah villa di Tawang Mangu, masih di daerah yang sama, dalam perjalanan pulang ke Yogyakarta kami beberapa orang dari rombongan itu menyempatkan diri singgah disebuah kawasan perkebunan teh. Sebeluamnya itu, beramai-ramai pula, kami singgah di Air Terjun Grojogan Sewu, tak jauh dari villa tempat kami mengadakan acara di Tawang Mangu.

Salah satu sudut pemandangan di perkebunan teh di Karang Anyar, Jawa Tengah

Ini merupakan kali pertama pengalaman saya melihat langsung perkebunann teh, tanaman yang ekstraknya dijadikan minuman yang sangat saya gemari. Saban pagi saya selalu menyeruput teh, hanya sesekali saja minum kopi sebagaiamana orang kebanyakan. Saya bukan tidak suka kopi, bukan begitu gemar pula terhadap teh, tapi lebih karena kopi yang kata orang-orang, berdasarkan hasil penelitian pula tentunya, efeknya jauh lebih berbahaya. Itulah sebabnya kemudian saya membatasi minum kopi, dan menggantinya dengan teh hangat saja. Sebetulnaya masih nikmat bila menyeruput kopi, tapi tak apalah. Hitung-hitung jaga kesehatan, apalagi teh katanya khasiatnaya juga lumayan untuk badan.

Dalam mobil perjalanan menuju lokasi, mata saya sudah mulai menurun kekuatannya alias mengantuk sekali. Penyebabnya, mungkin saja karena terlampau letih oleh kegiatan malam keakraban malam sebelumanya, lalu pagi-pagi sekali harus bangun dan melanjutkan perjalanan ke AirTerjun Grojogan Sewu. Namun rasa kantu itu sekonyong-konyong menghilang manakala mata yang kadang menyala kadang terpejam itu disajiakan pemandangan hijaunaya perkebunan teh yang terhampar maha luas. Dengan apa saja yang ada kameranya, saya langsung mengabadikan pemandangan yang saya lihat itu, tentu saja untuk dijadikan cerita perjalanan dikemudian hari, seperti yang sedang anda baca saat ini.
Memanfaatkan keindahan perkebunan teh dengan berfoto ria sambil masuk disela-sela tumbuhan teh

Kami yang bersepuluh orang ini adalah bagian dari rombongan yang sengaja singgah di perkebunan teh, sebelum akhirnya kembali ke Yogyakarta

Melihat perkebunan teh yang terhampar luas itu, mata saya jadi terang kembali, tak sedikit pun niatanya untuk terpejam. Setelah parkir mobil pada sebuah sudut jalan, kami yang beberapa orang itu turun dengan beberapa kamera. Saya sempat terkagum-kagum, maklum saja ditanah kelahiran saya tak ada perkebunan teh seperti ini. Inilah Indonesia, masing-masing daerah punya sesuatunya sendiri-sendiri. Wonderfullllll!!! (Follow Me @Darwance_Law on Twitter)
ACTION!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar