Jumat, 06 Februari 2015

LIBURAN KE GUNUNGKIDUL, WAJIB KE PANTAI SUNDAK

"Kawasan Gunungkidul di selatan Yogyakarta sedang hangat diperbincangkan banyak traveler. Di sana terdapat aneka gua dan juga berderet pantai indah. Satu yang tak boleh terlewat yaitu Pantai Sundak."


Nah, di selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, ada pantai elok yang cocok untuk liburan akhir pekan, Pantai Sundak namanya. Saya dan beberapa orang teman pun akhirnya memilih Pantai Sundak untuk sekadar relaksasi setelah kuliah akhir pekan beberapa waktu yang lalu. Seperti biasa, hari Minggu adalah hari di mana banyak orang menyerbu tempat-tempat wisata, tak terkecuali Pantai Sundak. Sesampai di sana, kami melihat wisatawan, baik anak-anak sampai orang tua, berseliweran di sepanjang bibir pantai.



Pantai Sundak yang memang sudah elok, ditambah elok oleh deretan payung tepi pantai yang disediakan warga. Bagi Anda yang ingin menikmati sejuknya angin pantai tapi tak mau terkena pancaran sinar matahari, maka Anda pun bisa menyewa payung-payung itu. Nah, bila Anda berkunjung ke Pantai Sundak pada hari Minggu atau musim liburan tertentu, bila beruntung Anda akan menyaksikan pertunjukan kuda lumping yang digelar tak jauh dari bibir pantai. Sejumlah wisatawan pun tampak mengitari arena pertunjukan dengan beragam raut muka, mulai dari tertawa menyaksikan ulah para pelakon, sampai raut muka petanda takut melihat sesuatu saat pelakon melakukan atraksi yang tak biasa, seperti mengunyah gelas dan sejenisnya.



Puas menonton pertunjukan khas Pulau Jawa itu, kamipun beringsut menuju bibir pantai. Wah, pemandangannya benar-benar mengundang decak kagum. Angin bertiup pelan, menghadirkan kesejukan khas pantai yang seketika itu juga membuat segala beban terangkat, menguap entah ke mana. Selain bulir-bulir pasir pantai yang putih bersih, bagian daratan yang menggumpal membentuk bebatuan juga menambak keelokan Pantai Sundak. Tepat di bagian barat pantai itu, kita bisa melihat eloknya sebuah gugusan yang membentuk pulau tersendiri, di tengah laut yang gagah oleh gelombang.

Liburan ke pantai tapi tak mandi, tidak afdol rasanya, bukan? Maka kami pun melepaskan baju dan segera menceburkan diri ke dalam laut Pantai Sundak yang jernih. Hati-hati, sebagaimana ombak di pantai selatan Pulau Jawa lainnya, ombak di Pantai Sundak pun cukup kencang. Sesekali petugas yang siaga di tepi pantai meniupkan peluitnya bila menurutnya orang-orang yang mandi di pantai itu sudah melampaui batas maksimum dari bibir pantai. Selain itu, kita juga disarankan untuk tidak berlama-lama berada di bawah gugusan yang mudah longsor. Liburan, tapi tetap taat aturan tak jadi soal, bukan? Salam traveler!

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di detik.com dengan judul "Liburan ke Gunungkidul, Wajib ke Pantai Sundak" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar