Kamis, 11 Desember 2014

BAYAR RP. 3.000, NIKMATI 3 PANTAI DI GUNUNGKIDUL

Jika mencari destinasi pantai dengan biaya murah, pantai di daerah Gunungkidul adalah jawabannya. Cukup dengan membayar biaya parkir Rp 3.000, turis dapat menikmati Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan sekaligus. Siapa yang bilang liburan di penghujung pekan itu harus mahal? Buktinya, di Kabupaten Gunungkidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, liburan akhir pekan yang singkat sekalipun bisa dinikmati dengan hanya merogoh kocek yang sangat minim sekali, yakni Rp 3.000 saja. Bahkan, dengan hanya mengeluarkan uang sebesar itu, kita bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus. Nah, penasaran bukan?

Sebagai orang yang lahir di tepi pantai, besar pun banyak dihabiskan di tepi pantai, hingga kini pantai seolah-olah sesuatu yang tidak bisa saya tinggalkan begitu saja. Itulah sebabnya, sesekali saya tetap mengunjungi pantai selama tinggal di Yogyakarta. Di DI Yogyakarta, salah satu kabupaten yang mempunyai pantai yang cukup banyak dan indah adalah Gunungkidul. Kabupaten paling selatan provinsi pimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono X itu. Sekalipun demikian, pantai-pantai yang saya datangi bersama beberapa orang kawan yang tenyata juga hobi berpetualang itu, bukanlah pantai yang itu-itu saya. Sesekali, kami mencoba pantai yang sekarang masih terasa asing di telinga banyak orang.

Suatu hari, kami pun kembali merencanakan untuk menelusuri pantai-pantai yang ada di Yogyakarta. Setelah dibicarakan, alhasil kami memilih untuk pergi ke Pantai Ngobaran, Nguyahan dan Ngrenehan. Inilah 3 pantai yang kelak bisa kami nikmati dengan hanya membayar Rp 3.000 saja per orang sebagai retribusi. Nah, murah bukan? Sekalipun demikian murahnya, jangan pernah berpikir bahwa pemdangan di pantai-pantai ini tak secantik pantai yang lain. Saya yakin, siapa pun yang berkunjung ke pantai ini pasti akan berdecak kagum, apalagi saat menikmatinya dari atas ketinggian.

Pagi-pagi sekali, seraya berharap hujan tak turun hari itu, kami berangkat menuju Wonosari, kota kecil yang kelak akan kami lalui sebelum sampai ke pantai. Ada beberapa orang teman yang berencana akan ikut serta, namun akhirnya hanya saya, Anisa Rahardini, Putu Dian Pratiwi, dan Mbak Dhuma Melinda Harahap yang jadi berangkat. Sebetulnya, ini entah kali keberapa kami menelusuri pantai-pantai di Gunungkidul, namun entah kenapa kami masih saja salah jalan. Saat itu, Dian yang bertindak sebagai navigator perjalanan kami kala itu, berniat mengarahkan kami dengan menempuh jalan pintas yang tak memakan banyak waktu. Selain itu, menurut Dian sang navigator, biar kami tak terjebak keramaian di Wonosari

Singkat cerita, setelah sempat kebingungan, tiba-tiba kami menemukan sedikit keanehan. Saya seperti mengenal apa yang saya lihat di depan, sebuah bundaran kecil yang di dalamnya ada taman sebagai hiasan. Itu Wonosari! Artinya, kami telah memutar jalan hingga kembali harus ke pusat ibu kota Gunungkidul itu. Maka, tertawalah kami atas kejadian siang itu. Oleh karena sudah berada di pusat kota, maka kami pun memutuskan untuk makan terlebih dahulu di sebuah warung, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan. Setelah melewati jalan yang berkelok dan turun naik, menikmati hijaunya pemandangan sepanjang jalan, maka sampailah kami di pintu gerbang masuk Pantai Ngobaran, Nguyahan dan Ngrenehan. Seorang petugas menghampiri kami, menyerahkan empat lembar kertas sebagai bukti biaya masuk. Seorang dikenakan Rp 3.000. Beberapa menit kemudian, sampailah kami di pantai-pantai itu.

Wow, pengunjung cukup ramai hari itu. Maklum hari libur di akhir pekan. Setelah memarkir mobil, di bawah rintik hujan yang mulai turun, kami pun menelusuri pantai yang berbukit. Hujan semakin deras, kami singgah di sebuah warung di Pantai Nguyahan, seraya menikmati es kelapa muda. Hujan reda. Kami pun turun ke bibir Pantai Nguyahan. Berjalan di atas bulir-bulir pasir pantai yang eksotis. Setelahnya, saya menaiki sebuah bukit, disusul Dian beberapa menit kemudian untuk menikmati keindahan pantai-pantai itu dari ketinggian. Di atas bukit itu terdapat sebuah pura. Sedangkan di bawah sana, komplek pura yang jauh lebih besar menambah keindahan Pantai Ngobaran.

Dari atas bukit itu pula, kami bisa sekilas melihat keindahan Pantai Ngrenehan yang terkenal akan kapal-kapal nelayan penghasil ikan. Setelah agak lama, kami pun turun dan segera memasuki komplek pura yang sekejap seolah mengantar kita ke Pulau Dewata Bali. Ah, begitu nikmatnya bermain di tepi pantai. Salam traveler!

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di Detik.Com dengan judul "Bayar Rp. 3.000, Nikmati 3 Pantai di Gunungkidul" oleh penulis yang sama)