Selasa, 13 Mei 2014

AWAS! ADA ELANG LAUT RAKSASA DI PANTAI PARAI, BANGKA


Bangka sepertinya semakin asyik untuk menjadi destinasi liburan akhir tahun seperti sekarang ini. Kalau pergi ke Marina Bay, Pantai Parai Tenggiri di Pulau Bangka, jangan kaget ya. Ada patung elang laut raksasa! Wah, keren sekali. Saat liburan ke Pantai Parai Tenggiri tempo hari saat pulang ke Bangka, ada yang baru di pantai itu. Pertama, di sebelah selatan pantai itu dibangun sebuah kawasan yang diberi nama Marina Bay. Kedua, tak jauh dari kawasan itu dibangun lagi sebuah jembatan berarsitektur menarik agar para pelancong dapat menikmati keindahan Pantai Parai Tenggri secara maksimal. Nah, ketiga dan ini yang paling keren, dalam kawasan Marina Bay itu ada Monumen Elang Laut yang menjulang tinggi.



Penasaran, sebelum memasuki area pantai, saya bersama seorang sepupu, Debri namanya, terlebih dahulu masuk area Marina Bay. Gagah sekali monumen itu. Menurut ownernya, Bapak Johni Sugiarto, monumen itu sengaja ia bangun selain sebagai ikon baru pariwisata Pulau Bangka, juga untuk mengenang populasi elang laut yang dulu banyak sekali di sekitar Pantai Parai Tenggiri. Sekarang populasinya semakin sedikit, bahkan burung itu sudah jarang terlihat beterbangan. Selain itu, beliau juga ingin agar generasi muda bangsa tertular oleh semangat tinggi elang laut yang terbang tinggi mencapai cita-cita. Semoga saja.

Di kawasan ini, kelak akan digelar Bangka Jazz Festival, ajang pertunjukan musik jazz tahunan yang sudah rutin diselenggarakan. Selain itu, di kawasan itu juga sudah rutin diadakan turnamen bola voli pantai internasional, Asia Pasifik Beach AVC Volley Ball. Ini merupakan salah satu cara pengelola wisata di Pulau Bangka untuk menarik wisatawan.



Nah, kembali ke soal monumen elang laut yang tinggi menjulang itu. Monumen ini berada di sebelah selatan Pantai Parai Tenggri, menghadap ke barat, posisi yang tepat dalam meyambut wisatawan yang memasuki gerbang Pantai Parai Tenggiri. Di sekitar monumen, berjajar cottage-cottage yang cocok digunakan untuk berbulan madu. Selamat datang di Pulau Bangka!

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di www.detik.com dengan judul "Awas! Ada Elang Laut Raksasa di Pantai Parai, Bangka" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar