Selasa, 29 April 2014

PEWTER, OLEH-OLEH BIJIH TIMAH UNIK DARI BANGKA


Pulang berpetualang dari Bangka seusai liburan akhir tahun, traveler wajib membawa pulang oleh-oleh hasil kreasi bijih timah khas yang dilebur menjadi pewter. Aneka ragam bentuk unik pewter mampu menarik minat wisatawan. Berpertualang ke suatu tempat tapi pulang tak bawa oleh-oleh, belum afdol tampaknya sekalipun hanya sebuah gantungan kunci atau kaos dengan motif khas daerah itu. Nah, begitu pula saat berlibur ke Pulau Bangka. Selain membawa makanan khas daerah ini, ada oleh-oleh unik lain yang sayang sekali bila tak ikut dibawa pulang. Apalagi cinderamata yang satu ini hanya ada di Pulau Bangka, yakni pewter. Lho, apa pula itu?

Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, mungkin saja oleh-oleh yang satu ini hanya ada di Pulau Bangka. Betapa tidak, cinderamata unik ini terbuat dari timah yang memang merupakan hasil tambang utama di pulau ini. Nah, sayang bila sudah jauh-jauh datang ke Pulau Bangka, tapi tak membawa cinderamata ini sebagai kenang-kenangan. Apalagi bentuk dan rupa cinderamata ini cukup beragam. Mulai dari gantungan kunci berbentuk Pulau Bangka, hingga miniatur orang yang sedang mendorong 'kerito surong' (alat angkut barang orang Bangka zaman dahulu). Juga miniatur Pulau Bangka untuk hiasan di atas meja atau pewter dalam ukuran besar berbentuk kapal layar. Serta masih banyak bentuk pewter unik lain.


Sebagai daerah yang dikenal akan timah sebagai hasil tambang, para pengrajin di sana pun berpikir kreatif agar hasil tambang tersebut bisa dijadikan dalam bentuk cinderamata. Ini juga jadi salah satu cara agar timah tetap dikenang sebagai salah satu sumber penghidupan masyarakat setempat. Salah satu hasil kreasi itu adalah pewter. Pewter terbuat dari bijih timah yang telah dilebur, sebelum akhirnya dibentuk menjadi aneka rupa yang mencirikan Pulau Bangka.



Salah satu bentu pewter yang paling laris adalah pewter gantungan kunci berbentuk Pulau Bangka. Saya pun tak berhasil menemukan pewter jenis itu saat pulang ke Pulau Bangka beberapa waktu yang lalu. Sekalipun sudah mengelilingi hampir toko oleh-oleh khas pulau ini di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Pangkal Pinang. Selain bentuknya yang unik, yakni miniatur Pulau Bangka yang menyerupai kuda laut, pewter jenis ini begitu diminati karena harganya yang relatif murah. Terutama bila dibandingkan dengan pewter jenis lain yang mencapai ratusan ribu, bahkan ada yang sampai jutaan rupiah. Maklum, terbuat dari timah yang harganya pun lumayan mahal di pasaran dunia.

Pewter yang seharga jutaan itu biasanya berukuran besar, berbentuk jauh lebih rumit, seperti pewter berbentuk kapal layar. Wah, bila dilihat secara saksama, pewter yang satu itu memang mengundang decak kagum, wajar bila harganya semahal itu. Sedangkan pewter gantungan berbentuk Pulau Bangka, harganya cuma tak lebih dari Rp 30.000 saja per buah. Nah, bila berlibur ke Pulau Bangka, Anda pun dapat membawa pulang cindera mata unik ini. Cukup mudah menemukannya, hampir sebagian besar toko oleh-oleh menjualnya, terutama pewter gantungan kunci berbentuk Pulau Bangka. Untuk pewter jenis lain seperti kapal layar yang besar, bisa dibeli si salah satu toko khusus pewter di ujung Jalan Jendral Sudirman, Pangkal Pinang. Tak jauh dari Alun-Alun Taman Merdeka atau di daerah Girimaya menuju Bandar Udara Depati Amir.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Pewter, Oleh-oleh Bijih Timah Unik dari Bangka" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar