Minggu, 20 April 2014

INDAHNYA SUNSET DI MONAS


Tugu Monumen Nasional atau Monas, hampir semua orang Indonesia mengenalnya. Bangunan ikonik ini menjadi landmark Jakarta. Selain megah, sunset dengan latar belakang Monas tidak kalah indahnya. Orang-orang pun berdatangan ingin menyaksikan kemegahan Monas yang tinggi menjulang. Saat hari libur, belasan bahkan puluhan ribu orang tumpah ruah di sana. Apalagi, kita pun bisa naik sampai ke puncak Monas, sehingga dengan leluasa bisa menikmati kemegahan Jakarta.

Namun, saya punya cara lain menikmati Monas. Sore hari, bersama sepupu saya Debri, kami pergi keliling kota Jakarta menggunakan TransJakarta. Asyik sebenarnya keliling Jakarta naik busway, hanya saja saat terjebak macet, keasyikan itu pun mendadak lenyap berganti pengap. Namun untung, perjalanan kami lancar-lancar saja. Setelah keliling Jakarta, kami memutuskan untuk turun di kawasan Monas. Setelah beberapa kali pindah shelter, bergonta-ganti busway, sampailah kami di Monas.





Saat itu, kami sengaja turun di shelter Masjid Istiqlal, masjid megah kebanggaan bangsa ini yang konon katanya paling besar di Asia Tenggara. Masjid yang sekaligus melambangkan kerukunan umat beragama di Indonesia, sebab tepat di hadapan masjid itu berdiri pula Katedral. Setelahnya, kami berjalan kaki, melewati sejumlah kantor kementerian, hingga akhirnya sampai di gerbang Monas.

Langit Jakarta kian merah, matahari mulai berangsut tenggelam. Namun, pesona Monas tetap gagah terjaga. Sebelum matahari benar-benar tenggelam, kami pun menyempatkan diri mengabadikan momen dengan latar kemegahan Monas yang masih terang. Wah, cantik sekali Monas kala senja. Ah, barangkali saja jauh lebih cantik saat matahari tenggelam. Kami pun menunggu saat-saat itu seraya mengelilingi komplek Monas. Akhirnya, saat-saat yang ditunggu-tunggu itu datang juga. Wah, amazing, sungguh pemandangan Monas yang tak biasa. Jakarta bagai hendak diselimuti kain besar berwarna hitam, seraya diterangi lampu yang membuat Monas semakin gagah perkasa. Sunset di kawasan Monas ternyata tak kalah cantik dengan sunset di pantai.

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di travel.detik.com dengan judul "Indahnya Sunset di Monas" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar