Selasa, 01 Oktober 2013

PANTAI WISATA TANJUNG KERASAK, HIDDEN PARADISE IN SOUTH BANGKA

Pulau Bangka punya banyak pantai yang sering traveler kunjungi di akhir pekan. Namun belum banyak wisatawan yang berlibur ke Tanjung Kerasak. Padahal pantai cantik berpasir putih ini memiliki batuan granit yang menawan. Anda yang berlibur ke Pulau Bangka selama ini mungkin hanya mengenal beberapa pantai, sebut saja pantai yang ada di sekitar Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Induk, seperti Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang, Parai Tenggiri, Matras, Tanjung Pesona, Penyusuk, dan Pantai Romodong. Dapat dimaklumi, sebab sebagian besar agen travel hanya menawarkan pantai-pantai tersebut ke dalam paket wisata mereka. Padahal, masih banyak pantai lain di pulau ini yang tak kalah cantik dengan pantai-pantai.

Nun jauh di bagian selatan Pulau Bangka misalnya, ada pantai cantik yang akan membuat Anda terhenyak, inilah Pantai Tanjung Kerasak. Tidak bisa dihitung lagi rasanya sudah berapa kali saya menginjakkan kaki di pantai ini. Maklum, saya lahir di Desa Pasirputih, sebuah desa yang hanya berjarak 1 kilometer dari pantai. Secara geografis maupun administrasi, Pantai Tanjung Kerasak memang masuk ke dalam wilayah desa ini. Ketika kecil, saya pernah diajak ayah ke pantai ini mengendarai motor hanya untuk mengambil batu bui, sejenis batu karang yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang hitam, seperti kuali, panci dan sejenisnya.

Saya masih ingat betul, waktu itu pantai ini belum menjadi objek wisata seperti sekarang. Sepanjang garis pantai dipenuhi daun pohon yang berguguran hampir mendekati lutut. Masyarakat kampung menyebutnya kerasak. Itulah sebabnya mengapa kemudian pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Kerasak. Saat mudik ke kampung halaman, saya pun tak lupa menginjakkan kaki di pantai ini hanya sekadar melihat pemandangan yang mulanya terasa biasa saja. Namun setelah menjelajahi pantai yang ada di Pulau Jawa, terutama pantai-pantai yang ada di Yogyakarta tempat saya menimba ilmu, saya baru menyadari bahwa pantai-pantai di Pulau Bangka punya karakter tersendiri, seperti pasir putihnya dan batu granit yang sulit ditemui di tempat lain.

Nah, bagi Anda yang punya rencana untuk berlibur ke Pulau Bangka, cobalah mencoba alternatif baru menjelajahi pantai-pantai yang ada di ujung selatan Pulau Bangka. Jarak tempuh dari Pangkalpinang sekitar 150 Km, dan sekitar 40 Km dari Toboali, ibukota Kabupaten Bangka Selatan. Anda tidak hanya disajikan dengan cantiknya Pantai Tanjung Kerasak, karena di sepanjang selatan pulau ini, masih banyak pantai-pantai yang tak kalah cantik pula. Selamat berlibur, traveler!

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di Detik Travel http://travel.detik.com/read/2013/11/14/130800/2371693/1025/tanjung-kerasak-pantai-cantik-di-selatan-bangka dengan judul "Tanjung Kerasak, Pantai Cantik di Selatan Bangka" atau foto-fotonya di http://travel.detik.com/readfoto/2013/11/12/174900/2370440/1026/1/pantai-tanjung-kerasak-obat-bosan-dari-bangka dengan judul "Pantai Tanjung Kerasak, Obat Bosan dari Bangka" oleh penulis yang sama)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar