Jumat, 06 Februari 2015

AKHIR PEKAN DI YOGYAKARTA, SAATNYA DATANG KE GEMBIRA LOKA

"Selain candi, masih ada lagi objek wisata seru yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta, yakni Kebun Binatang Gembira Loka. Ada ratusan binatang dengan berbagai tingkah lucunya yang akan menghibur libur akhir pekan."


Sebagian dari Anda pasti sudah merencanakan akan pergi kemana menyambut liburan. Nah, bagi Anda yang sudah merencanakan liburan ke Yogyakarta, ada tempat wisata yang tak kalah seru selain candi yang selama ini sudah menjadi brand wisata Yogyakarta, disamping pantai yang terhampar di bagian selatan. Cobalah datang ke Kebun Binatang Gembira Loka (Gembira Loka Zoo).

Orang yang berlibur ke Yogyakarta selama ini pasti selalu mengunjungi candi-candi peninggalan peradaban masa lalu yang memang banyak terdapat di kota budaya ini, termasuk pula museum yang berdiri dihampir setiap sudut kota. Maklum saja, selain kota pendidikan, Yogyakarta memang dikenal sebagai kota budaya yang menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah masa lalu, termasuk kebudayaannya yang tetap terjaga hingga kini. Namun setelah menjelajahi itu semua, tak ada salahnya bila singgah di Gembira Loka, sekedar melepas penat seraya menengok koleksi binatang yang ada disana.


Letak Gembira Loka cukup strategis, sangat mudah sekali di jangkau. Secara administratif, letak kebun binatang yang dibangun oleh salah seorang sultan Ngayogyakarta Hadiningrat ini berada di dua kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Kota Gede dan Kecamatan Umbulharjo, namun keduanya masih masuk kedalam wilayah Kota Yogyakarta. Untuk mencapai Gembira Loka dari titik 0 KM Yogyakarta, kita tinggal lurus ke arah timur tanpa berbelok sekalipun, menuju Jalan Kusumanegara. Sebelah kanan atau selatan jalan, tepat di jembatan berwarna kuning, sampailah di Kebun Binatang Gembira Loka.


  
Selain mengoleksi kurang lebih 400 jenis binatang, dalam kawasan Gembira Loka juga terdapat tak kurang dari 500 jenis tanaman. Wah, luar biasa bukan? Selain mengisi waktu liburan, saat berkunjung ke Gembira Loka tentunya kita juga bisa sekaligus mempelajari jenis binatang dan tanamanan yang barangkali belum pernah kita temui sebelumnya. Apalagi di Gembira Loka tidak hanya mengoleksi binatang dari dalam negeri saja, tetapi juga berasal dari luar negeri, seperti kangguru dari Australia, dan sejumlah binatang yang sengaja didatangkan dari Afrika, benua yang masih menyimpan banyak binatang ukuran raksasa di dunia ini. Di samping itu, bagi Anda yang membawa serta anak-anak, di dalamnya bisa bermain air dengan beragam wahana, seperti perahu beragam bentuk hewan yang lucu. Dijamin, anak-anak terutama pasti sangat menyukainya.

Kebun binatang ini buka setiap hari. Dari hari Senin sampai Sabtu, tiket masuk adalah Rp 15.000/orang, sedangkan hari Minggu dan libur nasional Rp 20.000/orang. Namun, pengelola akan memberikan potongan harga bagi Anda yang datang secara rombongan. Menarik? Ayo ke Gembira Loka. Salam traveler!

(Artikel yang sama juga bisa dibaca di detik.com dengan judul "Akhir Pekan di Yogyakarta, Saatnya Datang ke Gembira Loka" oleh penulis yang sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar